Minggu, 08 April 2012

Persipro Probolinggo

Persipro (Persatuan Sepakbola Indonesia Probolinggo) ialah sebuah klub sepakbola professional Indonesia yang bermarkas di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Tim ini berdiri sejak 11 April 1954 dengan Stadion Bayuangga sebagai home-basenya.

Tim ini mempunyai julukan bernama Hiu Tutul karena di daerah Kabupaten Probolinggo banyak ditemukan Hiu Tutul, terutama pada saat bulan Desember Hiu Tutul banyak ditemukan di pantai Kabupaten Probolinggo. Selain itu, Persipro juga mempunyai julukan Laskar Minak Jinggo, karena Minak Jinggo adalah tokoh terkenal di Probolinggo. Sedangkan Jinggomania adalah nama dari supporter Persipro.

Persipro berhasil mempromosikan diri ke kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia sejak musim 2009-2010. Yang mana Divisi Utama merupakan kompetisi kasta kedua sepakbola nasional musim ini.

Meski sudah cukup lama berdiri, Persipro masih kalah pamor dari tim-tim papan atas Liga Indonesia asal Jawa Timur lainnya, seperti Arema, Persebaya, Persela ataupun Persik yang terus memiliki tradisi sepakbola lebih baik.

Selain karena tidak memiliki prestasi gemilang di kancah sepakbola nasional, keberadaan klub ini sendiri memang tidak begitu diperhitungkan. Hal tersebut tidak lepas akibat keterbatasan dana yang dimiliki.

(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: